WORKSHOP

Mahasiswa Bukan Rata-Rata

Nama     : Juju Juhariyah

Dosen     : http://atus.staff.ugm.ac.id

           Teriknya sinar mentari tak menghalangi semangat mahasiswa di kampus kerakyatan ini. Bukan hanya belajar di dalam ruangan saja, tetapi masih semangat belajar di luar ruangan. Mahasiswa fakultas kehutanan angakatan 2016 terkhusus kelas fitogeografi C berbondong-bondong menuju gedung grha saba pramana (gsp) untuk mengikuti sebuah acara yang luar biasa, acara yang akan membuka pemikiran kita dan menambah wawasan kita.

             Serangkaian acara tersebut salah satunya yaitu workshop yang mengambil tema dengan “Mahasiswaa Bukan Rata-Rata”. Yang dibawakan oleh moderator yaitu Mas Kodrat, dan diisi oleh pembicara-pembicara yang luar biasa yaitu Bpk. Wikan Sakaripto ph.d (DEkan baru SV), Mas Rehan Abdussalam (owner Chockles), Atus Syahbuddi ph.d (Dosen FKT), Yusuf Fajar Pratama (Atlet Silat), Moh. Ali Zainal Abidin ( Ketua BEM UGM). 

             Bapak Wikan selaku pembicara pertama menyampaikan, Mahasiswa itu seharusnya seperti apa? Dan beliau menyebutkan khusus mahasiswa kehutanan mempunyai istilah JJJ “Junior-junior Jokowi”.Seorang mahasiswa juga harus punya critical thinking, logic baru bisa dimiliki jika suka membaca dan mempunyai knowledge banyak,dan harus jadi well been ( manusia baik). IP juga penting, tapi IP bukan segalanya, karena dunia kerja membutuhkan softskill. Dan jika kita ingin sukses kita harus memiliki 5 cross culture communication yaitu, Thinking, komunikasi, inovasi kreatif, team work, IT  litteration (tdk gaptek). Kelima nilai tersebut membuat kita siap menghadapi perubahan. 

Pembicara kedua yaitu mas Rehan alumni pertanian ugm 2012 seorang owner chockles. Beliau mengatakan sebuah kalimat yang penuh makna yaitu “Inovation Or Die” ada beberapa hal yang saya ingat dari perkataan beliau
Jika ingin memiliki usaha, menabunglah dari sekarang. Agar kita siap menghadapi maslah di depan. Kita juga jangan pernah putus asa, usaha terus lakukan dengan baik, kita tak pernah tahu usaha keberapa yang akan berhasil. Mimpi itu tidak penting, jika hanya sekedr mimpi. Tapi mimpi harus bersegmen seperti tangga. Harus subjektif sesuai kemampuan di depan kita. Dan terakhir Jangan menganggap remeh orang-orang yang terlihat remeh. Karena sesungguhnya kita tak pernah tau kedepannya orang itu seperti apa. Dan ada kalimat terakhir yang sangat menyentuh yaitu “Mau jadi benalu, malu karena minta melulu.”

Pembicara ketiga yaitu pak Atus, seorang dosen di fakultas kehutanan UGM. Beliau bercerita pengalaman hidupnya dari berjualan koran di tugu setengah 6 pagi. Beliau tidak memikirkan gengsi, yang beliau pikirkan bagaimana mengumpulkan setiap rupiah untuk biaya kuliah. Beliau juga mengatakan terus asa softskill kita, karena itu bermanfaat untuk kedepannya. bayak sekali cara untuk mendapatan uang, dan kita harus memiliki:
1. Jejaring, jika banyak jejaring banyak juga kenalan yg memberikan pekerjaan.
2. Untuk dapat beasiswa maka penuhi syarat beasiswa, otomatis karakter akan terbentuk
3. Dgn beasiswa akan kaya, apalagi di luar negeri kaya budaya, bahasa, networking, jejaring organisasi,
Buatlah rekam jejak. Beasiswa pasti ada syarat, penuhi syarat tersebut dengan rekam jejak. Buatlah rekam jejak sesuai dengan kesenangan kalian, termasuk rekam jejak b.inggris, rekam jejak bahasa inggris seleksi standar dari beasiswa luar negeri.

♧mas yusuf fajar pratama fkt 2012
Bakat: kemampuan bawaan yang tidak dapat tersalurkan dengan baik jika tidak ada minat, suatu potensi yang harus dilatih. Jangan lelah berlatih. Minat: preferensi/ kesukaan kita. Minat bisa dibangun. Bangunlah minat dari awal.
Harus punya inovasi, goal, tujuan. Prestasi: hasil interaksi minat dan bakat yg didukung oleh lingkungan. Contohnya menjalin komunikasi dengan dosen dan warga fakultas juga mengembangkan bakatDan terakhir yaitu kata-kata yang luar biasa “Santun  cemerlang di dunia perkuliahan. Bermanfaat”.

Pembicara kita yang terakhir yaitu mas Moh Ali Zaenal Abidin ketua BEM KM UGM jurusan gizi kesehatan 2012
Untuk jadi orang diatas rata-rata butuh perjuangan. Mahatma gandhi: mimpi itu bukan sesuatu yang kita lihat saat tidur. Tp mimpi itulah yg membuat kita tidak bisa tidur karena kita selalu berusaha untuk meraihnya. Motivasi terbesar adalah ketika kita punya tujuan dan motivasi yg jelas. Kita akan berubah tergantung dengan buku yang kita baca dan orang yang kita temui. Softskill tdk hanya di kampus. Organisasi mengajarkan kita belajar tetang bagaimana hidup dimana kita bertemu banyak org, berbagai macam jalan pemikiran. Tidak semua orang seberuntung kita.
Analogi huruf T. Vertikal artinya punya keilmuan yg spesifik tapi jangan lupain sisi horizontal yaitu belajar berorganisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.